Friday, October 27, 2017

Karya Seni Fotografi Unik Aiko Urfia Rakhmi "Maling Jemuran" Bikin Heboh

Karya Seni Fotografi Unik Aiko Urfia Rakhmi "Maling Jemuran" Bikin Heboh
gambar ilustrasi jemur pakaian

Lomba dan Festival Batik Internasional atau The Jogjakarta’s International Batik Competition and Festival merupakan kegiatan tahunan yang digelar Paguyuban Pecinta Batik Indonesia (PPBI) yang selalu sukses mengadakan objek acara itu dengan berbagai wisatawan manca negara dan lokal ikut menyaksikan kemeriahan pesta batik nusantara.

Tapi pernah kalian melihat Tali kutang, Kain batik, Handuk Gucci, Kasur kapuk, Celana dalam dan kain sarung dijemuran dalam disebuah pergelaran ? Di bawah sinar matahari, jemuran adalah keseharian kita di negeri tropis. Ia hadir setiap hari, seperti juga ihwal manusiawi lainnya seperti buang air, makan, dan mencari nafkah.

Tapi mengapa baru sekarang terpikir bahwa jemuran adalah obyek menarik? Adalah fotografer Aiko Urfia Rakhmi, mahasiswi Jurusan Fotografi Institut Kesenian Jakarta, yang sukses menggelar pameran tunggal pertama tentang perilaku manusia tropis ini di dua tempat sekaligus: Japan Foundation dan Galeri Foto Jurnalistik Antara Terdapat 35 foto yang dipamerkan dengan instalasi khas jemuran di sana-sini.

Mereka yang datang mengunjungi pameran berjudul “Maling Jemuran” itu lantas terenyak. Memilih jemuran sebagai tema adalah ide genial. Tingkat kesulitannya rendah karena logikanya masyarakat tak berkeberatan jemurannya dipotret perburuan yang baik mesti dilakukan pada pagi hari (waktu terbaik menjemur adalah ketika cahaya matahari melimpah-limpah sebuah keuntungan sendiri untuk kegiatan fotografi) dan seperti juga butir salju, tak akan ada dua yang persis sama di seluruh dunia.
Foto Maling Jemuran Aiko Urfia Rakhmi, Seni Fotografi Unik
biodata dan biografi profil foto source http://eurekaisme.blogspot.co.id

Kabarnya Selama dua tahun Aiko berburu jemuran hingga sampai ke kotaPalembang, kemudia dia pergi jug ake Bangka Belitung, setelah itu sampai Bandung, Cirebon, Kampung Naga, Baduy, Pekalongan, Yogyakarta, Madura, dan Bali. Semuanya dilakukan di antara kesibukannya bekerja sebagai desainer grafik di televisi swasta, pekerjaan yang sudah ia tinggalkan waktu itu.
Foto Maling Jemuran Aiko Urfia Rakhmi, Seni Fotografi Unik
photo source outoftheboxindonesia.files.wordpress.com

Saya percaya jemuran instalasi seni yang jujur dan polos. Melalui tanda-tanda yang diperlihatkannya, ia berdialektika, Aiko menulis dalam pengantarnya.

itulah sepintas Karya Seni Fotografi Unik Aiko Urfia Rakhmi "Maling Jemuran" pernah bikin Heboh jagat dunia maya,selain itu arsitistik dunia seni yang sudah lama pernah dipublikasikan itu, bisa juga kalian berkarya sendiri dengan contoh aiko.