Friday, December 29, 2017

5 Alasan Kenapa Anda Tidak Segera Mulai Bekerja Di Bidang Desain Grafis

5 Alasan Kenapa Anda Tidak Segera Mulai Bekerja Di Bidang Desain Grafis
Memulai karier desain grafis itu sebenarnya mudah kok!  Banyak sekali siswa-siswi maupun lulusan desain grafis yang ingin segera berkarier di bidang grafis tercinta. Baik dengan melalui ilustrasi, desain, fotografi, dan bermacam-macam.

Namun mereka enggan segera memulai karena banyak sekali berbagai macam alasan. Alhasil jadi menunggu kelulusan, menunggu dikejar waktu, umur, dan tagihan sebelum akhirnya terpaksa berkerja!

Jika sudah terpaksa bekerja, namanya sudah kepepet yah.. Biasanya kita tidak lagi mendapat kesempatan untuk memilih perkerjaan yang kita benar-benar ingin dan sukai. Para Pembaca manapun nggak mungkin ada yang ingin jadi tukang foto kopi kan?

Masa lulus kuliah grafis jadi tukang fotokopi atau tukang setting? Jadi, untuk menghindari kemungkinan terburuk, Sebaiknya sih Mulai belajar dan mencari pengalaman berkerja secepat dan seawal mungkin!

Berikut ini Top 5 Alasan Kenapa Tidak Segera Mulai Bekerja Di bidang grafis:


1. Ah nanti saja, sekarang fokus kuliah dan belajar desain!

Ini alasan tipikal.. Banyak orang lain termasuk penulis bisa kok sambil belajar dan berkerja sekaligus, nilai Oke, pengalaman Oke juga. Why not? Jika orang lain sanggup, mengapa kita tidak?

2. Aku idealis, seni sesungguhnya tidak dapat diukur dengan uang! Aku tidak mau uang mengotori karya suci ku yang indah nan berseni. Aku tidak mau menerima uang karena seakan karyaku menjadi komersil dan tidak indah lagi, bla bla bla.

Seniman-seniman bahkan yang terkenal semuanya menjual karya mereka kok, Michaelangelo, Leonardo Da Vinci, dan lain-lain. Bayangkan jika tidak, mereka mau makan apa? Lalu beli tinta dan cat pakai apa?

Apalagi jaman sekarang, mahal lho cat poster Sakura, Kuas nomor 1-100, Rembrandt, belum kanvas dan kertas Canson.

Triknya: Coba buat 2 jenis karya, 1 khusus dijual untuk komersil, 1 khusus idealis se idealis anda.

3. Aku masih bingung mau jadi apa kelak.. Masih galau. 

Pertanyaannya, sudah mulai mencoba belum? Coba menawarkan jasa gambar, desain, fotografi, menjual apapun? Ketika sudah dicoba dan mendapat feedback, mungkin akan bisa lebih membantu menemukan arah karier yang tepat.

4. Aku belum PeDe dengan kemampuan ku saat ini.

Ada berita baik untukmu, kawan! Terkadang desain grafis tidak semata melihat kemampuan, skill, hasil karya keren. Sebenarnya yach, desain keren itu sudah banyak dan biasa! Orang jenius dan jago grafis itu banyak di seluruh dunia. Bersaing face-to-face cuma dengan skill dan kemampuan nggak bakal ada habisnya dan pastinya sulit untuk bersaing jangka panjang dengan sehat.

Mau tau apa yang tidak biasa dan unik?

Perkerja desain yang sopan, ramah, baik, suka membantu, jujur, dan tidak sombong meskipun skill pas-pasan. Karena mereka yang berbakat, ber skill tinggi, berkemampuan lihai, lebih cenderung sombong, cuek, sok, mematok harga mahal.

Jujur saja, penulis bahkan kenal banyak orang yang sangat dan lebih ahli desain dan grafis, namun saking pedenya dan arogan, mereka tidak mau berkerja mulai dari bawah, dari harga kecil. Alhasil mereka tidak berhasil dalam kariernya dan stagnan.

Jadi jangan ada alasan untuk ga pede skill lagi ya? Penulis percaya bahwa semua manusia dilahirkan dengan bakat dan kemampuan khusus masing-masing, dan kita semua bisa belajar dan berkembang, mungkin ada beberapa yang menonjol di suatu bidang, tapi lihat dulu, pasti ada kekurangannya juga dia! Nobody is perfect.

5.Perkerjaan desain grafis nggak menjanjikan, mending buka toko baju korea, pendapatannya 2 digit lho.  Kawan, anda salah jurusan, harusnya masuk marketing atau manajemen tuch.

Demikianlah 5 Alasan Kenapa Anda Tidak Segera Mulai Bekerja Di Bidang Desain Grafis, baca juga Kumpulan Gambar Wallpaper Dinding 3D Terbaik Beserta Logo Keren 2018