Asal Usul Tari Saman Aceh Beserta Gambar Wallpaper Dan Video

Advertisement

Baca juga:

Asal Usul Tari Saman Aceh Beserta Gambar Wallpaper Dan Video
Tari Saman Merupakan kesenian perpaduan dari seni tari, seni sastra dan seni suara. Kesenian saman ini pada mulanya adalah kesenian tradisional Gayo Luwes yang berasal dari kesenian tradisional lainnya yaitu Pok Ane.

Pada suatu masa seorang mubalig bernama Tengku Syah Saman memanfaatkan kesenian Pok Ane ini sebagai sarana dakwah agama islam, dan kesenian ini biasanya dilakukan oleh orang-orang tua yang kemudian hilang pada masa sekarang, berganti dengan munculnya kesenian saman dalam bentuk lain yang umumnya dilakukan oleh anak-anak muda. Isi dari kesenian saman bukanlagi sepenuhnya tentang agama, tetapi juga menyangkut hal-hal lain dalam kehidupan sehari-hari. Saman menjadi kesenian yang dipertandingkan antara dua kelompok.

Masing-masing kelompok itu biasanya berasal dari kampung yang berbeda. Satu kelompok terdiri dari 15-30 laki-laki, yang umumnya orang-orang muda. Pada masa lalu pertandingan itu bisa berlangsung berhari-hari, siang dan malam, karena itu diperlukan ketahanan fisik para pemainnya. Pertandingan semacam itu disebut Jalu saman.

Dalam pertandingan saman, satu kelompok berhadapan dengan lawan tandingnya dengan jarak sekitar tiga meter. Anggota masing-masing kelompok berada dalam satu saf dengan duduk berlutut dalam posisi rapat. Dalam posisi demikian para pemain melakukan bermacam-macam variasi gerak. Anggota dari stiap kelompok terbagi dalam beberapa peranan.

Seorang yang berada dibagian tengah disebut ceh, yang berperanmemimpin kelompoknya dalam tari (lagu), nyanyian (ling) dan lain-lain. Pemain yang berada di kanan kiri ceh disebut pengapit. Keduanya sebagai pembantu utama ceh tadi.
Asal Usul Tari Saman Aceh Beserta Gambar Wallpaper Dan Video
Dua orang yang masing-masing berada pada ujung saf disebut penupang atau penamat jejeran. Keduang sebagai penyangga agar saf itu tidak ambrukatau kacau bila ada gerakan yang membahana. Selebihnya adalah pemain yang berada diantara pengapit dan penupang disebut penyepit.

Penyepit dengan jumlah terbanyak berperan mengikuti berbagai gerak bersama (lagu) dan nyanyian bersama (saur). Sistem bertanding kesenian ini berpedoman kepada aturan-aturan tertentu.

Satu kelompok (A) memulai permainan dengan gerak-gerak yang khas hasil kreasi sendiri dengan nyanyian dan lirik-lirik tertentu. Kelompok A yang menampilkan hasil kreasinya ini disebut sebagai pihak memangka. Kelompok lawan tanding (B) harus berusaha mengikuti dan dapat meniru gerak lawan (A) tadi.

Kelompok B itu disebut sebagai pihak ngging. Kelompok A bisa dinyatakan kalah, apabila gerak - gerak tarinya tadi dapat diikuti atau ditiru oleh kelompok B, serta lirik kelompok B juga ternyata lebih unggul. Itulah sebabnya setiap kelompok selalu merahasiakan tempat dan waktu latihannya.

Karena itu pula mereka selalu berusaha menampilkan karya-karya baru, unuk dan indah. Gerakan dalam kesenian saman dapat digolongkan dalam beberapa bentuk, misalnya kertek, tepok jarang, tepokdele, kirep, lingang, lengek, girik, guncang, surang-saring, gintes dan lain-lain. Guru-guru saman menciptakan gerak tari tertentu denganmengkombinasikan bentuk-bentuk gerak tertentu denan mengkombinasikan bentuk-bentuk gerak tersebut diatas. Gerakan tari itu tentu saja disesuaikan dengan nyanyiannya. Nyanyian sendiri ada yang dibawakan oleh satu orang atau bersama-sama, misalnya sek, jangin, redet dan saur.

Saman Dance of a Thousand Hands From Aceh-Indonesia

Penampilan Penari Tarian Saman Dibagi Menjadi

1.Pesalaman
Para pemain menunjukan sikap hormat dalam posisi duduk berlutut, kelapa menunduk dan kedua tangan bersikap sembah. Dalam sikap hormat yang khidmat ini terdengarnyanyian minta ampun kepada Allah dengan ucapan "E Lallah hu, La Illaha Illahlhah", "Assalamu'alaikum". Salam juga ditujukan kepada orang-orang patut yang hadir dan kepada semua penonton.

2.ulu ni lagu
Bagian merupakan gerakan-gerakan pendahuluan yang khidmat dengan diiringi nyanyian yang sudah meninggi.

3.Anak ni lagu
Bagian ini menampilkan gerakan-gerakan yang lebih bersemangat, unik dengan badan berselang-selang (surang-saring) yang tampak indah. Kemudian diteruskan dengan lagu-lagu yang menampilkan gerak-gerak tangan menghentak-hentak dada, diselingi dengan tepukan tangan, gelengan kepala, gerakan tubuh ke depan, ke belakang, ke kiri,ke kanan dan sebagainya. Gerakan itu berganti-ganti antara gerakan yang lambat dan gerakan yang cepat bergelora.

4.penutup
Pada bagian ini ditembangkan lirik-lirik yang mengenaskan. Mereka minta maaf kepada orang - orang tua, orang-orang patut,dan semua penonton. Permintaan maaf itu sehubungan dengan jika ada tingkah polah yang tidak berkenan atau lirik-lirik yang dinyanyikan yang tidak senonoh.

Download Gratis Gambar Wallpaper Vintage Keren Penari Saman Aceh Ukuran 1600x1080px
Asal Usul Tari Saman Aceh Beserta Gambar Wallpaper Dan Video

Pakaian Kostum Penari Tarian Saman

1.Bulang teleng / Bulang kerawang
Adalah kain pengikat kepala para pemain, berwarna hitam atau warna lain dengan diberi hiasan sebagai mahkota yang dinamakan tajuk.

2.Renggiep
Adalah kalung rantai yang dikenakan dileher para pemain.

3.Baju pokok
Adalah baju seragam para pemain, berlengan pendek dengan ukuranyang pas dibadan agar tidak mengganggu berbagai gerakan yang rumit tadi. Baju itu berwarna dasar hitam dengan motif hiasan warna kuning emas. Motif-motif hiasannya ada yang disebut leladu, gegaping, rino, kerawang dan lain-lain.

4.Celana panjang
Dipakai para pemain sebagai bawahan dari Baju pokok, warnanya pun berwarna hitam sama dengan warna dasar Baju pokok.

5.Pawak
Adalah sebutan untuk sarung, dikenakan diluar celana panjang sehingga nampak lebih sopan.

6.Sensim ketep dan topong
Sensim ketep adalah cincin dan topong adalah gelang, kedua benda ini tidak selalu atau hanya kadang-kadang saja dipakai oleh para pemain.

Demikinalah Postingan Artikel Asal Usul Tari Saman Aceh Beserta Gambar Wallpaper Dan Video Dari admin seni mania

Pengertian Seni Indonesian folk dance Ratoh Jaroe www.senimania.com Karya Seni Kolase 95 Contoh Logo Keren Perusahaan Otomotif Dunia Koleksi Terbaru Admin 2018 karya seni rupa Tips Dan Tutorial Tari Saman dari Aceh Paling Terkenal Dan Men-dunia Sampai Mancanegara

Contoh Foto Desain 3 Dimensi download video tari saman youtube seribu tangan pengertian gerakan tari saman untuk anak perempuan dan laki-laki Serta urutan properti kostum Tari Didong, Likok Pulo sekolah Tari Rapa'i Geleng wikipedia, Rateb Meuseukat Tari Ratoh Duek Majalah Buku, Seudati unsur Tari Ula-ula Lembing tarian Melayu kuno Nabi Muhammad utusan Allah

Asal Usul Tari Saman Aceh Lengkap Dengan Gambar Wallpapers Dan Video Terbaru

Gambar Doodle simpel dan sederhan  Wayang Batik Keris Angklung Noken iklan Baliho Kumpulan Logo-Logo Keren Lambang Simbol Hewan Versi Terbaru Admin Contoh desain logo unik Rengum Dering Redet Syekh Saur,