Monday, December 11, 2017

Jenis Tari Menurut Koreografi Beserta Tema Isi Fungsinya

Jenis Tari Menurut Koreografi Beserta Tema Isi Fungsinya
Sering kita melihat dalam sebuah acara pergelaran pesta olahraga dunia selalu dalam pembukaan ada ciri khas daerah yang ditunjukan seperti pertunjukan tarian dengan beberapa orang.

Selain itu, bebrapa tarian di era modern sangat banyak tarian diubah dari asli agar lebih menarik dan bisa mengikuti zaman.

Seni tari juga sering dimasukan kedalam unsur olahraga sebab tarian-tarian disekeliling kita seperti tarian poco-poco menjadi salah satu tarian suku nusantara yang cukup terkenal dan populer sampai saat ini.

Oleh karena itu bagi kalian ingin tahu contoh jenis tari silahkan simak beberapa keterangan yang admin kutip dari beberapa sumber tentang dunia seni tari yang banyak di minati oleh anak remaja laki-laki dan perempuan.

Berikut Pembagian Seni Tari Menurut Paling Umum :


Jenis tari menurut koreografi adalah suatu istilah yang digunakan untuk penyusun tari. Sedang untuk menyebut orang yang menyusun tari adalah koreografer.

Tari menurut Koreografi dapat dibedakan menjadi :

Tari Rakyat
Tari rakyat adalah tari yang hidup dan berkembang pada masyarakat tertentu sejak jaman primitif sampai sekarang.Ciri-ciri tari rakyat adalah :

Sederhana ( pakaian,rias,gerak dan ringan )
Tidak mengindahkan norma-norma keindahan
Memiliki kekuatan magis

Contoh tari rakyat :
  • Lengger
  • Tayub
  • Orek-Orek
  • Joget
  • Kubrasiwa
  • Buncis
  • Ndulalak
  • Sintren
  • Angguk
  • Rodat
  • Kuda Kepang
  • Ronggeng dll
Tari Klasik
Pengertian Tari klasik adalah tari yang mengalami kristalisasi keindahan yang tinggi dan sudah ada sejak jaman feudal Tari ini biasanya hidup dilikgkungan keraton.

Ciri-ciri tari klasik adalah :

Mengalami kristalisasi keindahan yang tinggi Hidup dikalangan raja-raja Adanya standarisasi yag harus dan selalu ditunjukan. Contoh tari klasik adalah bedaya,srimpi,lawung ageng, lawung alit dan juga karya-karya empu tari baik empu tari gaya Yogyakarta dan empu tari gaya Surakarta seperti S.Mariadi dan S.Ngaliman yang sampai sekarang masih bisa dinikmati seperti :

Gathotkaca Gandrung
Bondabaya
Bandayuda
Palguna-palgunadi
Retna Tinanding
Srikandi Bisma dll

Tari Kreasi Baru dan Tari Modern
Tari kreasi baru adalah tari-tariklasik yamg dikembangkan sesuai dengan perkembangan jaman dan diberi nafas Indonesia baru. Contoh tari kreasi baru adalah karya-karya dari Bagong Kusudiarjo dari padepokan Bagong Kusudiarjo dan Untung dari sanggar kembang sore dari Yogyakarta.

Contohnya adalah :

Tari Kupu-Kupu
Tari Merak
Tari Roro Ngigel
Tari Ongkek Manis
Tari Manipuri
Tari Roro Wilis,dll

Tari modern adalah sebuah tari yang mengungkapkan emosi manusia secara bebas atau setiap penari bebas dalam mewujudkan ekspresi emosionalnya yang tidak terikat oleh sebuah bentuk yang berstandar. Contoh tari modern adalah :

Tari Caca
Break Dance
Penari Latar
Samba

Jenis-Jenis Tari Menurut Fungsinya

Jika dilihat dari fungsinya tari-tarian di Indonesia dapat dibedakan menjadi :
Tari Upacara
Tari upacara banyak hidup dan berkembang pada masyarakat primitf.Yang termasuk tari-tarian upacara adalah sebuah tari yang mempunyai kekuatan magis yang digunakan untuk mempengaruhi alam.Tarian ini banyak terdapat dipedalaman Irian Jaya,Sulaweswi,Kalimantan,Nusa Tenggara dan Bali. Contohnya adalah tari rejang ,tari pendhet, debus dan lain-lain.

Tari Hiburan
Tari hiburan adalah sebuah tari yang menitik beratkan pada hiburan bukan pada segi keindahan.tarian hiburan pada umumnya merupakan tarian pergaulan.Contohnya adalah :

Joged dari Bali
Ronggeng atau Tarub Dari Blora
Kethuk Tilu dari Jawa Barat
Orek-Orek dari Surakarta
Lengger dari Banyumas

Tari pertunjukan
Tari pertunjukan adalah sebuah tari yang menitikberatkan pada segi keindahannya bukan pada segi hiburannya.Yang termasuk dalam tari pertunjukan adalah tari-tari rakyat,tari upacara,tari hiburan yang sudah digarap menjadi sebuah tari pertunjukan tentu saja dengan mengindahkan kaidah-kaidah keindahannya.Contohnya adalah :

Tari Pendhet
Tari Rejang
Tari Lenggeran
Tari Gambyomg
Tari Orek-Orek

Jenis Tari Menurut Tema Atau Isinya

Tari-tari yang berada di Indonesia apabila dilihat dari isi atau temanya dapat dibedakan menjadi :

Tari Pantomim
Tari pantomim adalah sebuah tari yang menirukan obyek diluar diri manusia. Contohnya :

Tari Tenun
Tari Bathik
Tari Nelayan
Tari Tani
Tari Kupu-Kupu,Dll.

Tari Erotik
Tari erotik adalah sebuah tari yang mengandung unsur cerita erotik atau percintaan. Contohnya :

Tari Gatotkaca Gandrung
Tari Karonsih
Tari Serampang Dua Belas
Tari Enggar-Enggar
Tari Jalung Mas, Dan masih banyak lagi

Tari Kepahlawanan
Tari kepahlawanan adalah tari yang mengandung usur-unsur heroik atau nilai kepahlawanan. Contahnya adalah :

Tari Kuda Kepang
Tari Seudati
Tari Mandau
Tari Soreng
Taroi Anoman Rahwana,Dll.

Dramatari
Dramatari adalah sebuah tari yang dalam penyajiannya menggunakan plot atau alur cerita,tema,dan dilakukan dengan cara kelompok.Contohnya :

Dramatari Rara Mendhut Pranacitra
Drama Tari Ranggalawe Gugur
Dramatari Gajah Mada
Dramatari Arjuna Wiwaha
Dramatari Sang Pambayun, dll.

Demikinalah Postingan Artikel Jenis Tari Menurut Koreografi Beserta Tema Isi Fungsinya Dari Seni Mania
www.contohkaryaseni.blogspot.com Contoh Karya Seni Duo suami dan istri, yang saat ini berada di tengah krisis perkawinan yang dilaporkan secara luas, melanggar tradisi karena gagal menari bersama selama acara pembukaan yang telah berlangsung lama. pengertian tari kolosal dan contohnya Pertunjukan tarian kelompok bertema Rock City yang semarak, Karen, 35, turun ke lantai studio bersama Brendan Cole, sementara suami Kevin, juga 35, menari dengan Janette Manrara contoh desain grafis

karya seni rupa Siapa Biodata AJ Pritchard dan berapa umurnya? Strictly Come Dancing 2017 profesional dan pasangan Mollie King Finger Dance Makeup Shiseido mengungkapkan sejarah makeup Jepang melalui tarian jari Video Viral pengertian tari menurut para ahli  Orang tuanya memilih pasangan untuknya dari sekolah dansa mereka dan itu adalah Chloe Hewitt.

Pasangan mereka kemudian mewakili Inggris dalam kompetisi di seluruh dunia. Pada tahun 2013, AJ dan Chloe tampil di rangkaian ketujuh bakat ITV talent Britain's Got Talent dan memukau para hakim dan penonton sama dengan audisi mereka. daftar tarian paling mudah dipelajari Mereka berhasil mencapai semifinal keempat namun tersingkir. contoh desain logo islam keren Pada tahun 2015, mereka memenangkan British Open Youth Latin Champions, pada tahun yang sama mereka juga menjadi European Youth Latin Champions.

contoh desain 3 dimensi Di antara semua tradisi dan nostalgia yang dibuat dengan ahli yang muncul di setiap adegan adalah Tari Jari modern yang Profil Biografi Shiseido senang untuk dipelajari oleh semua orang di situs promo spesial mereka foto gambar wallpaper cantik seorang penari seksi dan hot

contoh desain logo Ini semua adalah bagian dari kampanye untuk membantu mempromosikan aplikasi Misette perusahaan, yang menyediakan tip dan saran aplikasi makeup untuk pengguna secara online Video dimulai dengan kecantikan karya seni gambar modern saat ini menambahkan beberapa gerakan rumit ke aplikasi lipglossnya, sebelum segera memutar balik waktu ke periode Heian, mengatur adegan dengan seorang wanita dalam kimono berkapasitas 12 lapis.

macam macam tari indonesia serta penari paling terkenal di dunia Mendampingi dia di layar adalah sejumlah hashtag yang mencakup tema khas periode ini contoh desain iklan