Friday, December 22, 2017

Lukisan Haystacks: Last Rays of The Sun Karya Claude Monet Terjual 163 Milyar, Asli Keren

Lukisan Haystacks: Last Rays of The Sun ini Terjual 163 Milyar, Asli Keren
Seorang penawar misterius membayar lebih dari 163 milyar rupiah atau lebih 10.123.500 juta poundsterling untuk mendapatkan lukisan pelukis impresionis Perancis, Claude Monet. Lukisan berjudul Haystacks: Last Rays of the Sun, sebelumnya tidak pernah keluar dari negeri Perancis dan terakhir dilihat publik pada tahun 1895.

Lukisan ini terjual dalam lelang di Sotheby's London. "Lukisan yang menakjubkan yang memakai trik indah untuk menggambarkan siluet matahari di belakang timbunan rumput kering yang memberikan intensitas yang hebat tepat di jantung lukisan," ujar Godfrey Barker, seorang pakar seni.

Lukisan matahari di suatu Minggu siang di sebuah taman di Paris-Au Parc Monceau-ini pertama kali dimiliki seorang keluarga Yahudi yang oleh pihak Nazi kala itu dipaksa untuk dijual.

Kemudian lukisan ini diketahui dimiliki Ludwig Kainer, seorang pelukis, ilustrator dan desainer yang bekerja untuk Ballet Russes dan Berlin opera.

"Masih ada banyak informasi yang sekarang tersedia, katalog lelang-lelang tempo dulu mulai dari tahun 1930an yang sekitar 10 tahun lalu kita tidak mungkin mendapatkannya," ujar Helena Newman dari Sotheby's.

"Sekaranglah kesempatan bagi kita untuk menjadi lukisan-lukisan ini mendapat soroton kembali," tambahnya.

"Ada beberapa lukisan karya Monet lagi tetapi semuanya sangat mahal sehingga museum tidak mampu membelinya, karena itulah lukisan-lukisan tersebut akhirnya menjadi milik pribadi orang-orang tertentu," ujar Barker.
Claude Oscar Monet adalah seorang pelukis yang secara intens mempelajari efek kecepatan cahaa dalam dunia natural.

Monet lahir di Paris pada 14 November 1840, tetapi sebagian besar masa kecilnya dihabiskan di Le Havre, sebelah utara Perancis.

Karya-karya lukisnya mengambil subyek berbagai kondisi cuaca atau waktu. Lukisan Haystacks di atas dilukisannya antara tahun 1890-1891 dan dari 23 karya kanvasnya diakui sebagai salah satu landmark paling penting dalam seni rupa modern.

image source worldgallery.co.uk
itulah artikel postingan Lukisan Haystacks: Last Rays of The Sun Karya Claude Monet Terjual 163 Milyar, Asli Keren, Asli Keren, lihat juga karya michelangelo dan Erica Hestu Wahyuni