Friday, December 22, 2017

Profil: Erica Hestu Wahyuni Beserta Karya Lukisan Gambar Paling Keren

Lukisan Karya Erica Hestu Wahyuni Paling Keren
Riang, lugas, penuh dengan nuansa bermain, inilah yang dirasakan ketika melihat pameran tunggal karya Biografi Hestu Wahyuni Erica Lahir pada tahun 1971. Erica sudah mulai melukis sejak masih duduk di bangku Sekolah Dasar, pelukis wanita asal Yogyakarta yang kini sedang berpameran dengan tajuk Reka-reka Erika

Kanvas yang sebagian hadir dengan ukuran besar hingga memenuhi dinding-dinding Galeri nasional, menyergap dalam berbagai obyek dan warna yang begitu riuh dan padat memenuhi setiap sudut lukisannya, bahkan hingga ke bingkai.

Seluruhan obyek itu seakan ingin hadir ramai-ramai, tumpang tindih, khas seorang anak yang sedang berceloteh dengan tidak sabar. Inilah karya-karya Erika yang sejak memasuki profesi kesenimanannya telah mengambil gaya anak-anak kekinian yang naif pada karya-karyanya.

Sebenarnya cukup culit untuk mengatakan sejak kapan Erika memulai karirnya sebagai seorang seniman. Wanita lugas yang bergaya easy-going ini, telah melukis sejak dibangku SD, pada masa inipun ia telah banyak memenangkan berbagai kompetisi melukis mulai dari tingkat daerah hingga nasional. Dan gaya melukisnya di masa kanaknya inilah yang banyak mempengaruhi karya-karyanya sekarang.
Lukisan Karya Erica Hestu Wahyuni Paling Keren
gambar sumber Figuration Feminine

Dalam tulisan pengantar kuratorial pada katalog pameran Reka-reka Erika, Amir Sidharta menulis bahwa semenjak menjadi mahasiswa Institute Seni Indonesia (ISI), Erica senantiasa menyadari kelemahannya dalam mengambar figur, dan hanya sedikit atau bahkan sama sekali tidak tertarik pada teori seni. Namun Ia bersikeras menjadi seniman, mengembangkan gaya yang selalu dilukisnya sejak masih kanak-kanak. Pendapat ini diperkuat oleh Subroto SM, salah seorang instrukturnya di ISI, yang menuliskan bahwa gaya Erica lebih besar terpengaruh karya-karya seninya sendiri semasa kecil.

Pilihan inilah yang membuat Erica menjadi begitu unik diantara jajaran seniman-seniman Indonesia. Unik karena proses pencariannya yang ternyata mengali jauh ke belakang, kemasa kanak-kanaknya. Unik karena ketetapan hatinya untuk mengambil gaya kanak-kanak yang naif dan cenderung dekoratif sebagai gaya lukisannya. Unik karena ternyata lukisannya kini digandrungi oleh banyak kolektor dan lagi-lagi, unik karena keberadaan lukisannya yang kekanakan ini juga membawa kecurigaan publik seni diluar pasar akan tidak adanya sebuah tawaran wacana yang lebih mendalam disana.
Lukisan Karya Erica Hestu Wahyuni Paling Keren
foto gambar dari Art Front Gallery
Tetapi disinilah justru titik menarik, Erica yang kini telah berusia 30, berkeluarga dan mempunyai seorang anak. Karya-karyanya telah menjadi suatu obyek kajian tersendiri. Dicurigai atau tidak dicurigai, konsistensinya dalam berkarya dan sifat mbelingnya telah membawa Erica sebagai salah satu fenomena dalam kancah seni rupa Indonesia.

Sembari menguntungkan dunia anak-anak yang selama ini begitu dekat dengan dirinya, karena dengan melihat lukisan Erica, kita juga seakan diingatkan dengan nasib dunia berkesenian anak-anak kita yang masih miskin.
Lukisan Karya Erica Hestu Wahyuni Paling Keren
picture via widewalls.ch
Reka-reka Erica, bukanlah rekaan seorang kanak-kanak, karena Erica adalah seorang dewasa yang kini juga seorang ibu. Dalam lukisan yang kekanakan itu, ia bercakap kepada pemirsanya, sekaligus kepada dirinya sendiri, tentang kegalauanya.

Dalam lukisannya yang banyak menampakan hewan-hewan seperti kedekatan dunia anak-anak dengan cerita fabel-Erica berulang kali menampilkan sosok gajah sebagai lambang kekuatan atau mungkin juga mampu melindungi atau menampung banyak hal dalam badannya yang besar, Dalam tubuh hewan ini, Erica sering memasukkan berbagai obyek yang ingin diceritakannya.

Hingga akhinya, dalam salah satu lukisannya yang berjudul Elephants Travelling in Metropole, Erica akhirnya memasukkan gajah didalam gajah, berikut gedung, mobil, manusia yang memakan gajah dan anak-anak yang menunggai gajah. Sebuah cerita tentang kompleksitas kota urban yang metropoliskah?.
Lukisan Karya Erica Hestu Wahyuni Paling Keren
photo via Invaluable
Kemudian dalam sebuah lukisan Imajinasi Indonesia 2000, Erica mengambarkan sosok dirinya sebagai seorang malaikat dengan gajahnya sedang menangis, sementara monumen monas, monumen selamat datang, bersama gedung dan mobil direbus dalam sebuah wajan, disampingnya, pria-pria berdasi dan seorang wanita bergaya kalangan atas sedang duduk menyantap brbagai hidangan yang tidak lazim, yaitu sapi, hati, dan manusia.

Inilah reka-reka kekanakan seorang wanita dewasa dalam diri Erica yang tampaknya sedang dalam proses pencarian dirinya kembali. Keinginan ini terlihat dari keinginannya untuk kembali ke sekolah formal.

Saya ingin ke Moscow, Russia, saya akan kembali bersekolah tahun ini, kata Erica sewaktu ditemui matamata.com. Sambil mengatakan kesiapannya untuk menghadapai orientasi Realis yang menjadi ciri khas dari Institute Seni Surikov yang akan dimasukinya bulan Oktober ini.

Sebuah keberanian tentunya, dari diri seorang Erica yang selama telah menjadikan kelemahannya dalam melukis realis, sebagai kekuatan karya-karyanya yang kini banyak diburu oleh para pengemarnya.
Lukisan Karya Erica Hestu Wahyuni Paling Keren
image via Christie's
Kegelisahan dan babak baru dalam pencarian diri Erica inilah yang diungkapkan dalam beberapa karya yang juga ditampilkan delam Reka-reka Erica, dalam Mystery of The Ninth Women, delapan sosok wanita telan-jang dalam berbagai karakter emosi, digambarkan bersama gajah-gajah, meninggalkan pertanyaan tentang keberadaan sosok wanita kesembilan yang tidak nampak, kemudian dalam lukisan Maya Lubov, Erica bercerita tentang perjalanan di Rusia.

Sebuah pencarian kini sedang dilakukan Erica, bagaimanakah nantinya mungkin hanya Erica dan gajahnya saja yang mengetahuinya. Paling tidak sebuah catatan dari pencariannya yang telah dilaluinya kini, akan diterbitkan dalam sebuah buku tentang dirinya yang kabarnya akan diluncurkan minggu ini, di Jakarta.

Demikinalah Postingan Artikel Profil: Erica Hestu Wahyuni Beserta Karya Lukisan Gambar Paling KerenBaca Juga Logo Tren 2017 Serta Kumpulan Gambar Graffiti Terbaru