Friday, January 12, 2018

8 Gaya Arsitektur Rumah Tradisional Melayu Riau Beserta Gambar

8 Gaya Arsitektur Rumah Tradisional Melayu Riau Besereta Gambar
Kumpulan Gambar Rumah Adat Suku Melayu Riau sangat Banyak Dan kaya akan ragam seni dan budaya, Berbicara mengenai Rumah adat Riau tentunya tidak terlepas dari Ragam dan Bentuk dari rumah adat Kabupaten dan Kota di Provinsi Riau. Bentuk rumah tradisional daerah Riau pada umumnya adalah rumah panggung yang berdiri diatas tiang dengan bangunan persegi panjang.

Rumah Adat Daerah Riau identik dengan Melayu. Karena Riau juga banyak ragam corak budaya, masing-masing daerah di Riau memiliki ciri khas tersendiri pada Traditional House kabupaten di Riau.

Seperti di Kuantan Singingi, namanya Gajah Menyusu, di Kabupaten Kampar (Bangkinang) nama rumah adatnya Lancang biasanya disebut juga Pencalang ataupun Rumah Lontiok begitu juga rumah adat Pekanbaru, Rumah adat Pelalawan dan Rumah Adat Melayu Riau lainnya.

Jadi Rumah Adat (Traditional House) Daerah Riau itu cukup beragam, maka Rumah adat Riau bisa dikatan rumah adat Melayu Riau. Ditambah pula Riau terdapat banyak sungai maka setiap sungai itu beda pula beradaban serta adatnya walaupun banyak terdapat persamaan.

Secara umum ada 5 jenis rumah adat Melayu Riau yaitu Balai Salaso Jatuh, Rumah Adat Salaso Jatuh Kembar, Rumah Melayu Atap Limas, Rumah Melayu Lipat Kajang dan Rumah Melayu Atap Lontik.

Bentuk rumah tradisional daerah Riau pada umumnya adalah rumah panggung yang berdiri diatas tiang dengan bangunan persegi panjang. Dari beberapa bentuk rumah, semuanya hampir serupa, baik tangga, pintu, dinding, susunan ruangannya identik.

Dibawah ini Macam-Macam Rumah Adat Melayu Pakan Baru Riau


1.Foto Rumah Adat Pekanbaru (Pekanbaru Traditional House)
8 Gaya Arsitektur Rumah Tradisional Melayu Riau Besereta Gambar
Balai Adat Melayu Penyengat ini sangat kental dengan arsitektur khas Riau Kepulauannya. Arsitektur khas menyerupai bangunan istana Kerajaan Riau lingga yang indah dan menawan tersirat dengan khas atap selembayung, ornamen dan corak yang terdapat di dinding Balai.

Balai Adat Melayu Kepulauan Riau tampak megah di pulau bersejarah di pulau Penyengat, pulau hebat yang konon menjadi mahar/mas kawin Sultan Mahmud Syah III kepada Engku Putri Raja Hamidah . Sejarah Kesultanan Riau-Lingga, Raja Ali Haji dengan karya fenomenalnya Gurindam Dua Belas dikuatkan pula dengan adat dan rezam yang tetap lestari oleh masyarakatnya

2.Foto Balai Adat Melayu Kabupaten Siak Riau
8 Gaya Arsitektur Rumah Tradisional Melayu Riau Besereta Gambar
Balai Lembaga Adat Melayu Riau Siak. Balai Adat Melayu Siak ini dibangun oleh pemerintah kabupaten Siak bersamaan dengan dibangunnya Siak Sri Indrapura yang kala itu baru menjadi ibukota kabupaten hasil pemekaran dari kabupaten Bengkalis tersebut. Arsitektur Balai Adat Melayu Riau Siak ini terlihat megah nan menawan mengingatkan kita pada bentuk bangunan Istana Asyiratul Hasyimiyah yang kental dengan khas melayu Islam

3.Foto Gambar Rumah Melayu Lipat Kajang
8 Gaya Arsitektur Rumah Tradisional Melayu Riau Besereta Gambar
Bangunan in sudah sangat sulit ditemui di perkampungan sebagai tempat tinggal warga. arsitektur rumah ini hanya tinggal terlihat pada bangunan perkantoran yang baru dibangun oleh pemerintah dengan konsep bangunan arsitektur modern. Rumah Tradisional Melayu Riau Atap Lipat Kajang dengan konsep bangunan arsitektur modern.

4.Photo Gambar Rumah Adat Pelalawan (Pelalawan Traditional House)
8 Gaya Arsitektur Rumah Tradisional Melayu Riau Besereta Gambar
Rumah adat melayu pelalawan yang merupakan hasil karya orang melayu pelalawan dahulu, rumah adat pelalawan pada umumnya sama dengan rumah adat melayu yang lainnya berbentuk rumah panggung serta memiliki ukiran melayu tetapi rumah adat pelalawan ini tidak memiliki list plank yang disebut orang melayu 'Lebah Bergayut' (Lebah bergantung) serta di ujung atap paling tinggi yang disebut selembayung.


Bentuk bangunan rumah adat pelalawan ini diadopsi dari bentuk bangunan istana kerajaan sayap atau istana kerajaan pelalawan bagian utama atau disebut sebagai balai penghadapan (tempat para tamu dan masyarakat menghadap raja ) yang didirikan pada masa pemerintahan sultan Assyaidi Syarif Hasim ( 1892-1930 M ), raja ke 11 kerajaan Pelalawan.

5.Gambar Foto Rumah Godang / Rumah Adat Kuantan Singingi (Traditional House Kuansing)
8 Gaya Arsitektur Rumah Tradisional Melayu Riau Besereta Gambar
Rumah adat ini terletak di desa Jao Teluk kuantan kabupaten kuantan singingi. Rumah ini sudah cukup tua di Kabupaten Kuntan Singingi/Kuansing, rumah ini dibangun puluhan tahun yang lalu. Rumah ini belum ada pembaharuan sejak di dirikan. Sampai sekarang masih tetap asli.

Gonjong rumah adat ini terdiri dari 5 gonjong, dan kaki nya terdiri sekitar 16 kaki, Isi yang ada didalam rumah ini berupa peninggalan pusaka yang berupa alat perang, alat petani, dan alat-alat dapur.

Meskipum rumah ini sudah nampak tua, tetapi rumah ini sangat berpengaruh besar bagi masyarakat yang menganut suku di rumah godang ini. Dengan ciri khas pembangunan pada masa kuno dulu, membuat masyarakat tetap menjaga dan melestarikan kebudayaan tentang rumah godang ini.

Dengan bentuknya yang sangat unik yang terdiri dari 16 kaki dan 5 gonjong ini, membuat kita ingin lebih banyak mengetahui tentang sejarah rumah ini.

6.Gambar Wallpaper Rumah Lontiok / Lancang / Pencalang, Rumah Adat Kampar

Rumah lontik yang dapat juga disebut rumah lancang karena rumah ini bentuk atapnya melengkung keatas, agak runcing seperti tanduk kerbau. Sedangkan dindingnya miring keluar dengan hiasan kaki dinding mirip perahu atau lancang. Hal itu melambangkan penghormatan kepada Tuhan dan-sesama. Rumah adat lontik diperkirakan dapat pengaruh dari kebudayaan Minangkabau karena kabanyakan terdapat di daerah yang berbatasan dengan Sumatera Barat. Tangga rumah biasanya ganjil.

7.Wallpaper Bangunan Gambar - Photo Balai Salaso Jatuh
8 Gaya Arsitektur Rumah Tradisional Melayu Riau Besereta Gambar
Balai salaso jatuh adalah bangunan seperti rumah adat tapi fungsinya bukan untuk tempat tinggal melainkan untuk musyawarah atau rapat secara adat. Sesuai dengan fungsinya bangunan ini mempunyai macam-macam nama antara lain Balairung Sari, Balai Penobatan, Balai Kerapatan dan lain-lain. Bangunan tersebut kini tidak ada lagi, didesa-desa tempat musyawarah dilakukan di rumah Penghulu, sedangkan yang menyangklut keagamaan dilakukan di masjid.

Balai Salaso Jatuh mempunyai selasar keliling yang lantainya lebih rendah dari ruang tengah, karena itu dikatakan Salaso Jatuh. Semua bangunan baik rumah adat maupun balai adat diberi hiasan terutama berupa ukiran.

8.Foto Gambar Rumah Balai Adat Melayu Riau Rengat (Rumah Tinggi)
8 Gaya Arsitektur Rumah Tradisional Melayu Riau Besereta Gambar
Balai Adat Melayu Riau di kota Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu ini merupakan bangunan bersejarah peninggalan kerajaan Indragiri. Bangunan ini bernama Rumah Tinggi. Rumah Tinggi berarsitektur khas melayu Indragiri, dimana atapnya limas dan rumah bertiang panggung.

Didalam Rumah Tinggi ini masih terdapat benda-benda mistis peninggalan kerajaan Indragiri yang pernah berdiri di nusantara seperti kerajaan sri wijaya, singosari. Buleleng, Janggala, Kahuripan, Kerajaan Medang, Kalingga, Majapahit, Kawali, Kutai Kartanegara dan lainnya

sumber;.sungaikuantan.com
Itulah postingan tentang 8 Gaya Arsitektur Rumah Tradisional Melayu Riau Beserta Gambar dilain waktu admin posting macam-maca rumah adat dari Aceh, Manado,Rumah Adat Toraja, Sunda, Jawa, Batak, Bugis, Karo, Minang Serta Yang Lain jangan lupa juga untuk melihat seni tari, tarian saman asal aceh