Tuesday, January 16, 2018

inilah Periode Analisis Bintang Terbang Feng Shui China

inilah Periode Analisis Bintang Terbang Feng Shui China
Menganalisis suatu tempat tinggal dengan menggunakan Analisis Bintang Terbang (ABT) lazim dipakai para praktisi feng shui. Umur rumah atau tahun rumah dibangun atau terakhir dilakukan renovasi - yang mengubah luas bangunan rumah, akan selalu menjadi pertanyaan awal para praktisi feng shui. Semua rumah yang dibangun atau direnovasi antara tahun 1984 sampai dengan tahun 2003 disebut dengan rumah periode 7.

Terkadang timbul pertanyaan mengapa pembagian jangka waktu tersebut aneh ?. Untuk menjawab pertanyaan ini kita perlu melihat ke belakang (flash back) sejarah terjadinya kalender atau almanak yang sampai sekarang masih dipakai oleh masyarakat Cina.

Periode ABT ini sangat penting karena baik atau buruk feng shui suatu tempat tinggal tidak akan bertahan selamanya, akan tetapi berubah setiap jangka waktu 20 tahun. Untuk mempertahankan feng shui yang baik suatu rumah tinggal, sebagai contoh, maka perubahan periode harus diantisipasi agar dampak buruk yang mungkin timbul dapat dihindari.

Sejarah kalender Cina

Sistem kalender Cina jika diruntut ke belakang dimulai pada periode 2696 SM (Sebelum Masehi), yaitu semasa Dinasti Hsia, dimana pada saat itulah mulai ada pencatatan tentang waktu yang dituang dalam bentuk kalender. Pencatatan itu makin berkembang seiring dengan berjalannya waktu terutama pada penghujung dinasti Shang dan munculnya Dinasti Chou, dimana pada saat ini Raja Wu sebagai pendiri Dinasti Chou menekankan tentang perlunya regulasi tahunan dari kalender.

Karena pertama kali sistem kalender ini ada pada dinasti Hsia, maka untuk mengenangnya disebutlah dengan nama kalender Hsia. Mereka juga mempunyai pedoman dengan membagi suatu periode dengan selang waktu 3600 tahun yang disebut dengan epoch. Untuk memudahkan perhitungan, maka jangka waktu (epoch) dibagi lagi ke dalam dengan satuan 60 tahun. Setiap 60 tahun dibagi menjadi ke dalam lima 'Tahun besar" yaitu masing-masing dua belas tahun.

Dari perhitungan di bawah ini, dengan menggunakan tahun 2696 SM sebagai dasar acuan, dapat diketahui bahwa periode 7 (1984 - 2003) adalah epoch kedua daur ke delapan belas.

Perhitungan:

1.Tambahkan 2696 tahun pada tahun sekarang sebagai dasar perhitungan. 2696 + 2001 = 4697 tahun

2.Kurangkan angka yang didapat pada langkah 1 dengan 3600 tahun (epoch). 4697 - 3600 = 1097

3.Bagilah jangka waktu yang diperoleh pada langkah 1 dengan periode 60 tahun 1097 : 60 = 18 sisa 17 tahun

Jika dicermati periode 60 tahun adalah hasil permutasi antara unsur Batang Langit dan unsur Cabang Bumi. Batang Langit adalah kategori Lima Unsur (Wu Xing) yang dibedakan menjadi Yin dan Yang, sedangkan Cabang Langit adalah pemberian kategori tahun berdasarkan 12 jenis binatang yang seringkali lebih dikenal dengan Shio, dimulai dari Shio tikus sampai dengan shio babi. Meskipun pada awalnya pemberian nama berdasarkan nama binatang (shio) tidak dikenal dalam kalender Cina, tetapi catatan pemberian simbol binatang ini baru terjadi setelah abad kesepuluh

Batang Langit
Lima Unsur adalah kayu, api, tanah, logam dan air yang membentuk daur tertentu. Apabila masing-masing diberi kategori Yin dan Yang, maka akan diperoleh: Kayu Yang; Kayu Yin; Api Yang; Api Yin; Tanah Yang; Tanah Yin; Logam Yang; Logam Yin; Air Yang dan Air Yin.

Cabang Bumi
Cabang Bumi adalah pembagian suatu jangka waktu tertentu dengan menggunakan Shio sebagai pertanda. Shio tikus adalah shio pertama dan terakhir adalah shio babi.

Ada yang menyebut bahwa pembagian 12 kategori waktu ini didasarkan pada orbit planet Jupiter (mengelilingi matahari) yaitu selama 11,9 tahun.

Untuk membedakan kategori ini setiap shio diberi 'label' sesuai dengan lima unsur dengan kategori yin dan Yang secara bergantian, sehingga akan diperoleh: Tikus (Air Yang); Kerbau (Tanah Yin); Harimau (Kayu Yang); Kelinci (Kayu Yin); Naga (Tanah Yang); Ular (Api Yin); Kuda (Api Yang);
Kambing (Tanah Yin); Monyet (Logam Yang); Ayam (Logam Yin); Anjing (Tanah Yang) dan Babi (Air Yin).

Kotak Lo Shu
Kotak Lo Shu adalah matriks 3 x 3 yang berisikan angka dari 1 sampai dengan 9, di mana apabila dijumlahkan secara vertikal, horisontal maupun diagonal akan selalu diperoleh jumlah yang sama yaitu 15. Menurut sejarahnya diagram kotak Lo Shu ini terdapat pada punggung kura-kura yang muncul dari sungai Lo pada 6000 tahun yang lalu. Dengan mengaitkan periode 60 tahun ini menjadi suatu satuan tertentu yang disesuaikan dengan angka-angka pada kotak Lo Shu, yaitu 1 sampai dengan 9, maka akan diperoleh suatu 3 periode yang masing-masing mempunyai jangka waktu 60 tahun.

Periode kecil:  
- Daur pertama 1864 - 1983
- Daur kedua 1884 - 1903
- Daur ketiga 1904 - 1923
 
Periode sedang:  
- Daur keempat1924 - 1943
- Daur kelima 1944 - 1963
- Daur keenam 1964 - 1983
 
Periode besar:  
- Daur ketujuh 1984 - 2003
- Daur kedelapan 2004 - 2023
- Daur kesembilan 2024 - 2043

Analisis Bintang Terbang (ABT) adalah salah satu teori feng shui aliran kompas. ABT mengandung aspek dinamis - memperhitungkan aspek waktu - dibandingkan Teori Delapan Arah Rumah yang statis. Aspek dinamis ini diperlihatkan oleh aspek waktu dengan selang jangka waktu 20 tahun, meskipun dikenal pula ABT jangka waktu tahunan dan bulanan bahkan harian, akan tetapi semua itu hanyalah merupakan pengembangan dari ABT periode 20 tahunan.

Demikianlah inilah Periode Analisis Bintang Terbang Feng shui China, lihat juga gambar wallpaper dinding 3 dimensi dan desain lantai serta logo keren 2018