Arsitektur Museum Gedung Bank Indonesia Dilihat Dari Kacamata Fengshui

Advertisement

Baca juga:

Arsitektur Museum Gedung Bank Indonesia Dilihat Dari Kacamata Fengshui
Gedung Bank Indonesia (BI) Didirikan Pada Tahun 1998 Alamat: Jl. Pintu Besar Utara No.3, RT.3/RW.6, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110 Memiliki Karakteristik Tersendiri dengan Gedung Tinggi Di Jakarta.

Gedung Bank Indonesia mempunyai gedung yang sangat megah. Apabila dahulu gedung Bank Indonesia kuno dan tampaknya tidak laik lagi digunakan sebagai tempat kerja atau tidak memberikan citra sebagai gedung bank sentral, maka sekarang gambaran itu akan berubah total.

Dengan gedung kembar menjulang tinggi, megah, maka Bank Indonesia seakan ingin meninggalkan kesan kusam dan tidak representatifnya gedung-gedung yang sekarang sudah dihancurkan. Masih ada satu gedung yang tidak mengalami perubahan, yaitu gedung tempat pengambilan/penyetoran uang, yang menghadap jalan Thamrin

Arah Hadap Gedung Utama

Untuk mempermudah, maka kompleks Bank Indonesia dibagi menjadi 3 gedung - sesuai dengan arah hadap, yaitu:

1.Jalan Budi Kemuliaan (gedung baru) dengan arah hadap lobi utama: 0/360 derajat dari utara
2.Jalan Kebon Sirih (gedung baru) dengan arah hadap lobi utama: 180 derajat dari utara
3.Menghadap jalan MH. Thamrin (gedung lama) dengan arah hadap pintu dengan pagar tinggi yang selalu tertutup: 90 derajat dari utara

Gedung 1 paling sering digunakan karena mempunyai pintu masuk yang besar sedangkan kedua gedung lainnya relatif tertutup. Bersebelahan dengan gedung ini terdapat mesjid yang sangat megah.

Gedung 2 berpagar tinggi, mempunyai air mancur indah, dan hanya menyediakan jalan untuk pejalan kaki.

Gedung 3 meskipun mempunyai pintu selalu ditutup dan berpagar tinggi, barangkali karena gedung ini adalah tempat setor atau ambil uang. Di belakang gedung 1 dan gedung 2, lurus dari lobi, terdapat bundaran air mancur dan ruangan tanpa penutup yang sehari-hari untuk pegawai jalan kaki dari gedung ke gedung lain.

Dengan menggunakan Analisis Bintang Terbang dicoba membahas 'peruntungan' gedung Bank Indonesia yang selesai dibangun pada periode 7 (1984 - 2003). Karena gedung 1 paling sering digunakan sebagai jalan masuk, maka analisis akan dipusatkan pada gedung 1. Analisis untuk Gedung 2 dan gedung 3 akan melengkapi semua tanpa terlalu rinci dengan melihat denah gambar dibawah.
Arsitektur Museum Gedung Bank Indonesia Dilihat Dari Kacamata Fengshui
Kombinasi 3 angka yang dipisah garis miring menunjuk angka kotak Lo-shu sebagai angka pertama, angka Bintang Air/Siang Sing sebagai angka kedua dan angka Bintang Gunung/Chor Sin sebagai angka ketiga

Gedung Bank Indonesia  1

Di tengah gedung terdapat kombinasi 7/3/2 yang berarti: memicu rejeki nomplok tetapi juga mengundang perampokan dan penipuan. Pada sektor adalah lift sehingga dampaknya tidaklah terlalu berat. Pengusutan BLBI yang dikucurkan saat belum krisis perbankan sampai saat ini masih belum selesai. Apakah penyaluran BLBI terkait dengan perampokan dan penipuan? Anda semua dapat menjawab dalam hati masing-masing.

Pada sisi timur terdapat kombinasi 5/5/9 yang berarti: memicu insiden yang dapat membuat luka parah atau kematian. Pada sektor ini adalah ruangan kosong - sejauh tidak digunakan, sehingga dampaknya dapat dikatakan tidak ada.

Gedung Bank Indonesia  2

Pada sisi timur terdapat kombinasi 5/9/5 yang berarti: memicu insiden yang dapat membuat luka parah atau kematian. (Penulis belum pernah masuk gedung ini sehingga tidak dapat menulis ulasannya).

Gedung 3 (asumsi gedung masuk periode 5, dibangun antara 1954 - 1963):

Di sektor utara gedung terdapat kombinasi 9/7/2 yang berarti: Timbulkan api karena aktivitas penghuninya. Apakah kebakaran yang pernah terjadi sebelum dua gedung baru itu selesai ada kaitannya dengan hal ini? Sekarang, pengunjung yang akan masuk ke gedung Bank Indonesia harus melewati pemeriksaan. Apakah ada hubungannya dengan hal ini?

Demikianlah ulasan artikel Arsitektur Museum Gedung Bank Indonesia Dilihat Dari Kacamata Fengshui admin kutip dari majalahfengshui.com bagaimana dengan Gedung Bank Mandiri, BRI, BNI yang memiliki sejarah?