Wednesday, January 3, 2018

Bagaimana Perencanaan Biaya Pemeliharaan Dan Perawatan Rumah Yang Baik Dan Benar

Bagaimana Perencanaan Biaya Pemeliharaan Dan Perawatan Rumah Yang Baik Dan Benar
Ketika pertama kali anda memutuskan untuk memiliki sebuah rumah, entah apakah itu beli jadi, atau design dan bangun, sudah pasti anda akan membandingkan antara harga rumah terseleksi dengan budget yang tersedia.

Paling seringkali tidak dipikirkan adalah, membeli atau membangun rumah hampir sama dengan membeli mobil atau handphone smarphone.

Kita tidak berhenti mengeluarkan begitu saja setelah rumah tersebut terbeli atau terbangun. Teman saya, juga seorang arsitek. Dia sangat tergila-gila dengan konsep clean minimalis klasik ala le corbusier, khususnya villa savoye Bagi mahasiswa-mahasiswa arsitektur pastilah sudah sangat hafal dengan le corbusier dan villa savoye merupakan konstruksi jujur. Ibarat wajah, cantik natural. Tapi, sama juga dengan wajah. Untuk jujur dan cantik natural adalah tidak murah.

Bila wajah membutuhkan treatment facial, vitamin, dan moisturizer yang bagus agar tetap tampil bersih berseri tanpa make up, rumah dengan konstruksi jujur selain harus dibangun dari material prima, perhitungan presisi, juga maintenance tinggi.

Sekitar 6 tahun yang lalu, teman saya yang arsitek ini menunjukkan gambar kerjanya pada saya, “Akhirnya babyhouse akan terbangun juga.” Saya tahu dia menginginkan rumah semacam ini jauh sejak jaman kami masih bergantian titip absen kuliah pagi kalau sedang ada tugas besar. Lalu berjalanlah project prestisius tersebut.

Teman saya bercerita, membutuhkan seluruh tabungan dan sepetak sawah milik orang tuanya untuk membiayai pembangunan rumah tersebut.
Bagaimana Perencanaan Biaya Pemeliharaan Dan Perawatan Rumah Yang Baik Dan Benar

Lalu dalam kurun waktu kurang lebih 12 bulan, saya berkunjung di acara syukuran rumah barunya. Bagus sekali. Cat-cat warna solid yang tebal di tiap jengkal dinding, garis-garis dinding dan cor yang lurus dan presisi, baja-baja dan aluminium sebagai aksen design berlapis stainless, dan yang menakjubkan bagi saya dinding-dinding kaca yang lebar, lega, dan bening di berbagai spot.

Dan waktupun berlalu, saya sibuk dengan berbagai pekerjaan dan tentunya melahirkan anak-anak saya dan dia pun begitu. Dan untuk suatu project, saya kembali mengunjungi rumahnya. Dan rekan saya berkomentar, “Astaga, kumal bener si ni rumah!” Cat-cat solid yang bila  ingin dipertahankan keindahan dalam kejujurannya membutuhkan re-touch setidaknya 12 bulan sekali sepertinya memang belum tersentuh apapun sejak saya berkunjung di acara syukuran sekitar 5 tahun yang lalu.

Masuk ke ruang tamunya, sungguh lah lebih menyedihkan. Stainless yang mulai kusam, cat-cat aluminium yang mulai terkelupas, dan kaca-kaca yang dulu WOW sekarang belang-belang, di beberapa tempat ada coretan crayon khas balita.
Bagaimana Perencanaan Biaya Pemeliharaan Dan Perawatan Rumah Yang Baik Dan Benar
Spontan, ketika teman saya si arsitek ini muncul, saya berkomentar, “Ya Ampun baby housemu….” Teman saya tertawa. “Habis punya anak repot, gimana mau bayar cat tembok dan stainless, hire asisten rumah tangga buat bersihin kaca aja mahal bener, mending buat bayar baby sister…” Hahaha… so that’s what i call life.

Memiliki rumah idaman memang sangat penting, namun perawatan juga tidak kalah penting karena berkaitan langsung dengan kenyamanan dan lebih jauh lagi citra. Jadi, bila budget anda memang terbatas maka pilihlah rumah atau design rumah yang sederhana dengan bahan-bahan mudah dicari dan murah untuk perawatannya.

 Aluminium, stainless, dan kaca bagus dan easy maintenance tapi tidak bila dalam jumlah yang besar dan massive. Ingatlah selalu, perawatan rumah tidak hanya melulu pada cat dan kebersihan. Bisa jadi hal besar seperti plumbing, masalah atap, rayap yang hadir tanpa lihat-lihat terlebih dahulu sedang bagaimana kondisi keuangan anda dan dengan teganya menguras tabungan anda.

itulah sekilas artikel Bagaimana Perencanaan Biaya Pemeliharaan Dan Perawatan Rumah Yang Baik Dan Benar, baca juga postingan alat musik orgen dan juga gambar logo serta wallpaper lukisan pop art