Friday, January 12, 2018

Cara Terbaik Memperbaiki Industri Musik Menurut Pakar Ahli

LIHAT JUGA:
BACA LAGI:
Advertisement
Cara Terbaik Memperbaiki Industri Musik Menurut Pakar Ahli
Ribuan orang dari industri musik dari penyanyi yang sedang menjajaki karir hingga manajer bintang besar dan eksekutif label rekaman berkumpul dalam acara konferensi Midem di Cannes, Perancis.membahasa dunia hiburan khususnya musik

Dengan perubahan yang sangat besar dan tidak terhindarkan dalam dunia industri musik, mereka membicarakan tentang apa yang bisa mereka lakukan untuk beradaptasi dan bertahan hidup. Berikut ini adalah pernyataan beberapa orang tentang apa yang ingin mereka bisa rubah.

Doc McGee – Manajer band Kiss

Jika saya bisa merubah satu hal, saya akan merubah struktur perusahaan label rekaman. Mengembalikannya di tangan artis dan musisi yang sebenarnya. Begitulah cara kita bisa bertahan.

Donovan – Penyanyi dan penulis lagu

Apa yang bisa kita lakukan untuk orang-orang yang mengambil musik secara gratis dari internet?

Jika para kutubuku komputer bisa menemukan cara supaya setiap kali seseorang mengambil lagu dari internet tanpa menyadari bahwa lagu tersebut ditulis oleh seorang penulis, atau seseorang yang benar-benar sedang membutuhkan uang, muncul banner: “ingat, seseorang telah menulis lagu ini dan mungkin ia tidak bisa membayar iuran listriknya minggu depan.”

Rick Reed – Counterpoint Systems, pengelola royalty, Los Angeles

Saya ingin sekali melihat artis dan penulis lagu mendapat bayaran secara langsung dan cepat, bukan 12 tahun sesudah ia menulis lagu, atau bahkan tidak mendapat bayaran sama sekali. Itulah keinginan terbesar saya.

Shabs Jobanputra – Pimpinan Relentless Records, label KT Tunstall dan Joss Stone

Saya akan merubah bagaimana perjanjian di dalam kontrak dengan artis. Hubungan antara artis dan perusahaan rekaman haruslah berubah.

Kita harus melihat kepada model bisnis yang baru dan cara-cara yang berbeda dalam mengembangkan bakat kreatif yang tidak berdasar kepada kontrak yang ekploitatif dengan royalty yang kecil. Seharusnya berdasarkan pada partnership dan perusahaan rekaman membantu mengembangkan bakat yang baru dalam jangka panjang dan dibina dan dipupuk.

Iain Watt – Manajer Mika dan Alphabeat

Saya ingin melihat khalayak umum mampu menghargai musik dan merubah pemikiran bahwa mereka dapat mengambil musik secara gratis dan hal itu adalah hal yang biasa padahal musik itu adalah produk yang sangat berharga.

Bohbi FM – Penyanyi reggae, penulis lagu, produser dan promotor

Jika saya dapat merubah sesuatu dalam industri musik, saya akan berinvestasi kepada jenis musik baru. Menaruh uang dalam artis yang baru. Karena selama 20 tahun belakangan ini, kita selalu mendengarkan musik yang sama terus menerus. Kita butuh perubahan.

Brian Message – Co-manajer Radiohead, Faithless, Kate Nash

Satu hal yang ingin saya rubah dalam musik adalah pola pikir. Untuk bisa berpikir optimis tentang berbagai kesempatan di hadapan kita. Kita harus menerima prinsip bahwa sebuah model berbasis produk berada dalam tekanan yang hebat.

Ada dua kelompok utama dalam bisnis musik yang benar-benar berarti – artis dan fans – dan kita semua seharusnya berfokus kepada mereka. Dan internet memberikan kita kesempatan besar untuk membentuk karir jangka panjang antara artis dengan fans, itu adalah tantangan yang besar, tetapi juga kesempatan bagi kita semua.

Harvey Goldsmith – Promotor konser dan manajer

Untuk orang-orang yang bekerja di dalam industri, agar dapat berkomunikasi lebih baik antara satu dengan lainnya. Sedangkan dari kacamat publik, agar menyadari bahwa musik tidaklah gratis, dan jika kita tidak membayarnya, maka para artis tidak akan mampu menciptakannya.

Panos Panay – Chief executive dari situs Sonicbids

Saya rasa ini adalah waktu yang sangat baik untuk industri musik. Ia hanya sedikit bergeser dan cara orang mencari uang telah berubah. Dan jika kita merubah sesuatu, rubahlah obsesi kita dengan hits.

Saya rasa terlalu banyak orang yang terlalu tertekan akibat tidak adanya hits, tetapi justru mereka kehilangan kesempatan yang lebih besar, yaitu kesempatan untuk menghindari musik produk masal dan musik niche. Saya juga merasa ada kelompok artis baru, yaitu artis dengan artistik kelas menengah.

Maria Butterly – Penyanyi dan penulis lagu

Saya ingin mendorong orang-orang agar lebih sering pergi melihat pertunjukkan musik secara live. Berusaha lebih untuk mendapatkan musik. Jangan menganggap remeh musik karena musik ada di depan pintumu. Rasakan musik live. Biarkan musik menyentuhmu. Biarkan musik membuat hatimu senang, untuk semangat tinggi, dan menjadikan musik bagian dari jaringan sosial kamu sendiri.

Demikinalah artikel Cara Terbaik Memperbaiki Industri Musik Menurut Pakar Ahli, lihat juga artikel dunia musik lainnya seperti top 10 lagu iwan fals yang enak didengar