Cerita Seni Tari Pasasanggarroma, Tarian Asal Sulawesi Utara

Advertisement

Baca juga:

Cerita Seni Tari Pasasanggarroma, Tarian Asal Sulawesi Utara
Beberapa jenis tarian tradisional daerah nusantara sangat banyak dan beragama, karenabanyaknya macam-macam tarian daerah itu terkadang kita lupa namanya, oleh karena itu pemerintah setiap daerah provinsi membuat situs khusus yang membahasa seni budaya termasuk jenis tarian, baju adat, kreasi kerajianan tangan sampai tempat objek wisata.

Asal Usul Sejarah Tari Pasasanggarroma yaitu Tarian Asal Sulawesi Utara  dimana Tarian ini adalah Tari tradisional Sulawesi Utara / manado yang asal usulnya dari Kabupaten Talaud, dimana tarian ini adalah sebuah cerita rakyat masyarakat talaud khususnya, diaman mereka menggambarkan sebuah tatanan kehidupan bermasyarakat.

Kabupaten Talaud dahulu dalam melakukan berbagai aktivitas dimana unsur kebersamaan selalu diutamakan sehingga daerah ini dikenal dengan semboyan kebersamaan yang disebuat Sansiote Sampate Pate dimana makana kata peribahasa artinya adalah masyarakat Talaud dalam kehidupannya sehari-hari baik itu dalam bertani, sebagai nelayan.

Sedangkan Pasasanggarroma artinya saling memberi tumpangan satu sama lainnya saling gotong royong dan bahu membahu.

Dalam suka maupun duka atau aktivitas lainnya unsur kebersamaan sangat jelas terlihat, dan setiap saat selalu dilakukan Doa bersama sebelum dan sesudah melaksanakan aktivitas.

Berikut Data Tentang Tarian Tersebut :
Nama Tarian : Pasasanggarroma
Negara Pelopor : Indonesia
Asal Daerah / Pulau : Talaud
Provinis / Kabupaten :Sulawesi Utara
Suku Adat :Talaud

Jumlah Penari dalam Tari Pasasanggarroma biasanya kelompoknya genap antara wanita dan pria saling berpasangan

Motif Pakaian Tari Pasasanggarroma yang dipakai warna lebih tajam dan cerah seperti merah dan hijau serta biru.

Adapaun Alat Musik dan lagu Pengiring Tari Pasasanggarroma ada gendang, gong juga memiliki vokal seperti Keroncong 5 Orang, Gitar 3 Orang

Oleh sebab itu dalam garapan tari ini unsur kebersamaan ini menjadi inti / tema pengungkapan ekspresi para penari melalui gerak dan alunan musik pengiring tari.

itulah artikel dari Cerita Seni Tari Pasasanggarroma, Tarian Asal Sulawesi Utara, lihat juga beberapa tarian menarik lainnya seperti Tarian saman aceh, Tari Guel, tari payung, Tari Tandak,Tari Putri Bekhusek, Tarian Tanggai, Serampang Dua Belas, Tor Tor Batak, Tari Piring dll