Dyonisius Tempat Teater Yunani Kuno Beserta Gambar

Advertisement

Baca juga:

Dyonisius Tempat Teater Yunani Kuno Beserta Gambar
Banyak Tempat Wisata di benua eropah, khususnya di Yunani ada spotindah dan bersejarah seperti Temple of Olympian Zeus, Erekhtheion, Kuil athena Nike, Acropolis Museum, Keramekos, Plaka, Roman Agira, Odeon of Herodes Atticus, Ancient Agora of Athens, Dan Akropolis Athena yang kesemua disukai warga dunia.

Mengapa mengenal kesenian teater Yunani antik begitu penting? Pertanyaan ini yg muncul ketika kita mempelajari tentang seni teater. Jawabannya adalah karena menurut sanalah semuanya berawal, dan seni teater dan seni musik saling mensugesti pada perkembangannya baik dalam perkembangan kesenian itu sendiri hingga ke seni rapikan panggung dan akustik.

Sebuah pagelaran Opera sampai program komedi situasi seperti ‘friends’ yg akrab dengan kita saat ini juga tidak lepas dari dampak seni teater lawak  yunani.

Seni teater Yunani berdasarkan legenda berawal menurut seorang yg bernama Thespis yg memiliki wangsit menambahkan aktor yg berbicara pada pertunjukan chorus & tarian di Yunani. Hal ini jua alasan mengapa kadang seorang aktor disebut juga menjadi ‘thespians’.

Bukti output peninggalan anjung teater pada Yunani yg sudah ditemukan merupakan teater Dyonisus pada acropolis, Athena. Dari kompleks yang hanya berisi altar dan kuil tua, akhirnya sebagai sebuah panggung yg menciptakan setengah bundar misalnya yang mampu dipandang.

Seperti yg mampu kita lihat, bentuk berdasarkan teater ini merupakan bentuk yg menghipnotis tata panggung seni pertunjukkan waktu ini dengan bentuk  jajaran tempat duduk penonton yang melingkar (theatron) yang akhirnya menjadi rapikan susunan duduk orkestra terbaru dengan salah  satu fungsinya agar komunikasi antara pemain musik menggunakan konduktor semakin jelas.
Dyonisius Tempat Teater Yunani Kuno Beserta Gambar
Photo Theatre of Dionysus via TripHistoric.com

Secara akustikpun rapikan susunan seperti ini memberi laba bagi teater kuno yang dalam saat itu tidak mempunyai system pengeras suara apapun.

Dengan jeda yang jauh bagi para penonton pada sebuah pagelaran besar  yang bisa mencapai 10.000 orang (menggunakan jeda terdekat ke panggung sejauh 10 Meter, para aktor tidak mungkin lagi mengandalkan ekspresi paras mereka dalam berakting, maka menurut itu digunakan topeng buat menjelaskan aktualisasi diri karakter, dan lebih menggunakan gerakan tubuh. Mungkin hal ini pula yg berakibat topeng menjadi lambang berdasarkan seni drama dan teater.

Panggung pada seni teater Yunani antik sudah menggunakan system prosedur yg hingga kini   bisa kita lihat pada anjung terbaru pada mana seseorang performer timbul di panggung menurut bawah, prosedur panggung seperti ini dipakai jaman dahulu buat menampilkan sosok yang pada mitologi mempunyai kemampuan terbang misalnya Pegasus.

Selanjutnya, perkembangan teater dapat kita lihat pada seni panggung teater dan panggung Roma, yang merupakan bentuk awal pengaruh seni teater Yunani antik terhadap seni teater di semua daratan Eropa. Tidak sinkron dari seni teater Yunani, seni teater Roma bersifat lebih sekuler dengan tema komedi, pantomim, menggunakan karakter & guyonan slapstick.

Panggung teater Roma dibuat menurut kayu dan selalu berpindah loka, hal ini ditimbulkan oleh pemerintahan pada masa itu yang tidak memperbolehkan anjung beton yg tetap. Sampai akhirnya Pompei the great membangun theater of pompey yg disamarkan menjadi kuil buat Venus, hal ini kemudian poly ditiru dan sampai sekarang poly bukti bangunan teater yg ditemukan pada lebih kurang Roma.

Tata panggung Roma mempunyai system yang sedikit lebih rumit daripada penggung teater Yunani, dengan adanya pintu rahasia dan lorong bawah tanah.

wallpaper Dyonisius Theater photo via AViewOnCities.com
itulah sekilas Arikel Dyonisius Tempat Teater Yunani Kuno Beserta Gambar Admin kutip dari blog indraaziz.net jangan lupa melihat bangunan rumah adat tradisional suku melayu indonesia