Tuesday, January 16, 2018

Gedung World Trade Center Amerika, Konsep Lima Binatang Menurut Feng Shui

Feng Shui World Trade Center Amerika Konsep Lima Binatang
Tanggal 11 September 2001 adalah tanggal yang akan dikenang oleh seluruh orang di seluruh dunia. Pada tanggal ini, pagi hari, gedung kembar WTC (World Trade Center) di New York runtuh, setelah ditabrak oleh dua pesawat sipil yang dibajak. Peristiwa itu langsung dapat dilihat lewat layar TV ke seluruh dunia, bahkan CNN lewat situsnya menyajikan foto-foto.

Kemegahan gedung WTC dekat dengan Wall Street, dianggap sebagai simbol kedigdayaan sekaligus arogansi negara Amerika dalam ekonomi dunia atau keterlibatannya dalam politik negara-negara lain.

Pada masa pemerintahan Clinton, perekonomian berkembang pesat dan kuatnya mata uang dolar mengimbas dan memporakporandakan perekonomian negara-negara Asia pada tahun 1997 dan 1998. Tetapi pada penghujung tahun 2000 dan awal tahun 2001, kekuatan ekonominya terus melemah. Pada tahun ini, sampai awal Oktober, Fed sudah sembilan kali menurunkan suku bunga. Ditambah dengan efek hancurnya WTC, maka tanda-tanda bahwa perekonomian Amerika terus memburuk sudah membayang.

Sejarah singkat WTC

Sejak awal berdirinya, tahun 1972, gedung WTC sudah membawa permasalahan. Pada masa itu, kelompok perduli lingkungan (environmentalist) menyatakan bahwa gedung itu merupakan beban bagi lingkungan hidup karena harus memasok listrik ke 9,5 juta kaki persegi kompleks perkantoran tersebut. Stasiun TV mengeluhkan tinggi gedung mengganggu sinyal siaran.

Produsen besi Amerika melakukan protes karena 50.000 ton besi – 25 % dari total kebutuhan pembangunan, harus diimpor dari Jepang. Dalam perkembangan, di sekeliling gedung kembar ini dibangun 5 gedung (kantor) tambahan yang baru selesai dibangun pada tahun 1977. Ketenaran gedung ini, rupanya, membuat Gorbachev ingin melakukan perundingan dengan Presiden Reagan pada gedung tersebut. Tahun 1993, teroris memasang bom mobil tetapi hanya melukai ratusan orang.

Sajian di atas adalah sisi buruk, tetapi bukan berarti tidak ada sisi baik gedung tersebut. Keberadaan gedung kembar ini mampu membuat perekonomian kota New York meningkat pesat dengan banyaknya perusahaan ekspor-impor menyewa dan mengendalikan aktivitasnya lewat kantor perwakilan yang ada pada gedung tersebut

Gedung kesepian

Nafsu untuk berlomba membangun gedung tertinggi barangkali agak menurun setelah ada peristiwa itu. Dua gedung WTC dengan tinggi masing-masing 417 meter dan 415 meter, dulunya adalah gedung tertinggi, sebelum dibangun gedung kembar Petronas di Malaysia dengan tinggi 452 meter. Agar tidak disebut ketinggalan jaman, Cina juga mempunyai ambisi mempunyai gedung tertinggi, yaitu dengan akan dibangunnya Shanghai World Financial Center yang tinggi 460 meter.

The London Bridge Tower yang tingginya 1365 feet (436 meter), sementara ini, merupakan gedung tertinggi yang dimiliki Inggris. Apakah karena dibangun di Cina - pertimbangan feng shui, sehingga bentuk gedung Shanghai World Financial Center berbentuk runcing ke atas, layaknya api, padahal arsitek gedung itu bukan dari Cina ?. Bentuk gedung ini dapat Anda lihat pada kpf.com/projects/mori.htm.

Dari semua gedung-gedung tertinggi tersebut terdapat beberapa persamaan, yaitu pada umumnya mereka berdiri tegak sendirian, kecuali gedung kembar seperti WTC dan Petronas. Kedua kedung kembar inipun tampak tidak harmonis dengan lingkungan sekitarnya, yang hanya merupakan gedung-gedung yang tidak terlalu tinggi.

Feng shui

Konsep Lima Binatang Menurut konsep ini suatu bangunan mempunyai feng shui menguntungkan apabila mempunyai (binatang) pelindung, yaitu: kura-kura hitam; naga hijau; harimau putih dan burung phoenix merah. Apabila kehadiran semua pelindung tidak dimungkinkan, maka yang harus ada adalah kura-kura hitam, yaitu: bangunan yang mempunyai jarak tertentu dan harus lebih tinggi terletak di belakang gedung. Satu binatang lain adalah ular kuning di tengah. Kelima binatang tersebut melambangkan lima unsur dengan warna yang sama, yaitu: air (hitam); kayu (hijau); logam (putih); api (merah) dan tanah (kuning).

Menurut feng shui aliran bentuk, suatu bangunan harus harmonis dengan lingkungan. Harmonis dalam hal ini suatu bangunan tidak terlalu menonjol atau sangat berbeda (kontras) dengan bangunan-bangunan lain yang ada disekitrarnya.
Pembahasan

Gedung kembar WTC (110 lantai) tidak memiliki bangunan pelindung. Gedung kembar tersebut tidak saling melindungi akan tetapi berdiri sudut menyudut, dimana sudut satu gedung bertemu dengan sudut gedung lainnya. Lima gedung yang dibangun kemudian hanya berupa bangunan yang hanya puluhan lantai saja. Master Lam Kam Chuen menyebut bahwa bangunan yang berdiri tinggi sendirian dan bentuknya persegi layaknya seperti paku yang belum dipukul.

Gedung tinggi terkadang digunakan untuk mencerminkan suatu keangguhan atau menunjukkan kehebatan atau ingin tampil lain dari yang lain. Hal tersebut ingin ditonjolkan sehingga membuat tidak harmonis dengan gedung-gedung disekitarnya. Bagaimana dengan menara Petronas ? Perbedaan utama adalah bentuk gedung. Bentuk gedung, terutama gedung tinggi, harus disesuaikan dengan karakteristik lima unsur. Api adalah unsur yang paling sesuai. Bentuk gedung yang persegi menunjuk karakteristik unsur air. Menghadirkan unsur api pada gedung adalah membuat bentuk runcing, seperti halnya nyala api.

Syarat mutlak untuk gedung tinggi yang berdiri sendirian adalah bentuknya harus disesuaikan dengan unsur api. Barangkali, pernyataan inilah yang membuat Kremlin atau Menara 46, gedung tertinggi di Jakarta yang dibuat dengan bentuk seperti pena yang menunjuk ke langit. Mengapa WTC yang sering menjadi sasaran bom/teroris, sama seperti bom di Atrium Senen ?. Tragedi WTC tidak dapat hanya dilihat dari bahasan sederhana seperti di atas, karena perlu dipertimbangkan faktor lain, seperti: kombinasi Siang Sin dan Chor Sin.

Demikianlah ulasan singkat postingan Gedung World Trade Center Amerika, Konsep Lima Binatang Menurut Feng Shui, baca juga postingan lainnya seperti contoh desain menarik logo doodle