Friday, January 12, 2018

Seni Desain Dan Musik Yang Tidak Dapat Dipisahkan

LIHAT JUGA:
BACA LAGI:
Advertisement
Seni Desain Dan Musik Yang Tidak Dapat Dipisahkan
Desain dan musik, dua kata tersebut memiliki arti yang mendalam bagi saya. Di kalangan musisi tidak banyak yang tahu bahwa latar belakang pendidikan saya adalah desain komunikasi visual. Sebelum kuliah musik, saya terlebih dahulu kuliah desain di Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Trisakti angkatan 1997.

Semasa itu kuliah musik masih tidak dikenal oleh khalayak umum, karena profesi musisi bukanlah sesuatu yang prospektif di mata banyak orangtua. Sama halnya dengan orangtua saya semasa itu sangat tidak percaya dengan musik sebagai bekal masa depan.

Saat ini, perkuliahan musik lebih dikenal di masyarakat, contoh saja Universitas Pelita Harapan, tempat saya menjadi dosen tidak tetap, mahasiswanya terus bertambah. Atau Institut Musik Indonesia, juga Institut Musik Daya Indonesia, keberadaan mereka semakin populer saat ini.

Apakah saya menyesal menghabiskan waktu 6 tahun kuliah desain akhirnya berkarir di musik? jawabannya sama sekali tidak.

Waktu yang saya luangkan untuk belajar desain sungguh-sungguh merupakan investasi berharga untuk perkembangan karir saya saat ini. Bagaimana bisa? apakah karena desain adalah salah satu bidang seni juga seperti musik? ya, tetapi bukan itu satu-satunya jawaban dari pertanyaan ini.

Gemblengan untuk menjadi seorang desainer profesional sangat mirip dengan gemblengan musisi profesional. Sama-sama harus kreatif selalu, membina teamwork, menjaga ketepatan waktu, membangun network, pre-production, post-production, dsb.

Alasan saya menulis entry ini adalah, saya baru saja kembali dari acara alumni FSRD Trisakti di Kampus A Grogol. Di mana saya bernostalgia melihat, mencium, dan merasakan kembali suasana kampus desain.

Di situlah saya semakin menyadari bahwa kampus inilah yang membentuk saya menjadi seperti sekarang ini, dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

Masa-masa mengerjakan tugas akhir dan skripsi desain, sama seperti saat ini mengerjakan sebuah proyek rekaman dengan segala tantangannya dan tidak lupa keduanya harus berurusan dengan tenggat waktu, sama-sama bergadang, kurang tidur, kurang makan, under pressure, memutar otak untuk kreatif, dan menghadapi berbagai maslaah I.T. di perangkat komputer.

Masukan saya untuk para mahasiswa yang ingin jadi musisi tapi harus kuliah di bidang lain, adalah jalani perkuliahan bidang lain itu dengan sebaik-baiknya, karena niscaya ilmu yang kita dapat akan selalu berguna di bidang lain dalam hidup kita.

itulah Seni Desain Dan Musik Yang Tidak Dapat Dipisahkan souce indraaziz.net jangan lewatkan juga makna musik dan profesi serta gambar gratis wallpaper 2018