Wednesday, January 10, 2018

Seni Tari Gambyong, Tarian Tradisional Surakarta Indonesia

LIHAT JUGA:
BACA LAGI:
Advertisement
Seni Tari Gambyong, Tarian Tradisional Surakarta Indonesia
Aneka ragam tarian Asal Daerah Surakarta salah satunya adalah Tari gambyong merupakan salah satu tari tradisional Jawa yang terkenal kemancanegara, dan merupakan hasil perpaduan tari rakyat dengan tari kerajaan keraton.

Nilai khas tari gambyong ini bisa dilihat pada ornamen-ornamen gerak yang sangat harmonisan begitu juga pola irama gendang sangat kental khas gamelan jawa.

Gambyong semula merupakan nama seorang yaitu Mas Ajeng Gambyong dalam ceritanya tairan itu terpilih para wanita yang pandai penghibur membawakan tarian indah dan lincah

Banyak Kisah menarik dari tari gambyong sebagai mana diketahui ia adalah bagian dari tari tayub atau tari taledhek, Sedangkan Istilah taledhek tersebut juga digunakan untuk menyebut penari tayub.

Tari Gambyong Jawa Tengah ini masuk dalam kategori sebagai tarian tunggal dipertunjukkan untuk penampilan pesta tari.

Kata Gambyongan mempunyai arti golekan yaitu boneka yang terbuat dari kayu yang menggambarkan seorang perempuan cantik lagi menari di dalam pertunjukan wayang kulit sebagai penutup.

Seiring dengan perkembangan zaman modern, Tari Gambyong mengalami perubahan dalam bentuk penyajiannya.

Pada Permulaan Tari gambyong di dominasi banyak kreativitas, koreografi dan interpretasi antara seorang penari dengan pemukul Gendang begitu menyatu.

Kalau sekarang ini ada yang memakai alat modern yang mudah dimainkan, walaupun begitu banyak juga rumah sanggar tari mempertahankan yang aslinya.

Jika ditinjau tarian ini Sebenarnya banyak varian tarian gambyong yang berkembang diantaranya Gambyong Sala Minulya, Gambyong Pangkur, Campursari, Ayun-ayun, Gambyong Dewandaru, Gambirsawit dan Mudhatama.

itulah ulasan singkat Seni Tari Gambyong, Tarian Tradisional Surakarta Indonesia, dilain waktu admin akanbagikan juga tarian luar negeri seperti Dance Tango, Waltz dari australia Mapale kolombia, Vallenato, Milonga, Branle dari prancis Bourrée, Farandole, Gavotte, Pericón, Zamba, tarian Misri, Halay, Laride, Plinn dan Trihori