Simbol Naga Dan Singa Dalam Mitologi Budaya Tiongkok China

Advertisement

Baca juga:

Simbol Naga Dan Singa Dalam Mitologi Seni Budaya Tiongkok China
Naga atau Lung adalah hewan mitologi dalam kebudayaan Cina. Ada beberapa jenis Naga, namun Naga yang paling tua dan perkasa digambarkan sebagai ular besar bertanduk ganda, berjenggot dan bertaring. Kulitnya bersisik dan berekor ikan. Badannya bersayap dan memiliki empat kaki bercakar rajawali.

Sebagai hewan yang memiliki sayap dan sirip ikan, ia adalah pemimpin segala binatang yang berenang maupun merayap. Seekor naga sering digambarkan sedang terbang ke awan dan menyusuri ombak lautan sering kita lihat pada desain tato tubuh.

Bagi masyarakat Tionghoa, naga adalah lambang keberuntungan, keberhasilan, kebajikan, berkah, kekuatan dan bahkan kekuasaan. Kekuasaan Langit yang dilimpahkan kepada manusia juga disimbolkan dengan Naga. Itulah sebabnya lukisan Sembilan Naga yang bermakna keberuntungan ganda menjadi simbol resmi Kaisar-kaisar Cina.

Pengharapan akan datangnya naga diperagakan dalam tarian naga. Dalam berbagai acara, tarian sang naga yang sedang mengejar mutiara diperagakan sebagai simbol permohonan datangnya berkah keberuntungan dan juga tolak bala.

Sebenarnya, Singa bukanlah hewan asli daratan Cina. Hewan ini merupakan hadiah dari bangsa-bangsa lain kepada Kaisar Cina begitu menurut pakar ahli sejarah.

Keperkasaan Singa membuatnya juga dipercaya sebagai penjaga keyakinan dan hukum Ajaran Budha. Keperkasaan singa mengilhami penempatan sepasang arca singa sebagai penjaga pintu gerbang bangunan-bangunan Cina untuk mengusir pengaruh jahat.

Simbol Naga Dan Singa Dalam Mitologi Seni Budaya Tiongkok China
photo yingyang tato tubuh via marketplace.secondlife.com

Sebagai sepasang hewan penjaga pintu gerbang, kebudayaan Cina menggambarkannya dengan bulu tengkuk yang menggelung indah di antara bunga-bunga peoni yang berarti melambangkan kekayaan. Singa jantan diwujudkan sedang bermain bola matahari, sedangkan singa betina dirupakan sedang bermain dengan anaknya.

Mulanya tarian Singa ditarikan untuk menakut-nakuti Nien, seekor monster pemakan ternak dan bahkan manusia. Monster Nien ternyata hanya takut kepada Singa. Suatu saat Nien datang, tetapi sayang singa sedang sibuk menjaga pintu gerbang istana.

Penduduk Cina yang tak kehilangan akal segera menggunakan bambu dan kain membuat jubah berbentuk kepala dan badan singa. Dua orang berbungkuk dan memakai jubah ini, sehingga bentuknya benar-benar menyerupai Singa. Singa “gadungan” ini lalu melompat-lompat dan mengaum, menakuti makhluk Nien. Nien pun lari tunggang-langgang dan tak pernah kembali lagi.

image source yahoo.com.tw
itulah ulasan singkat Simbol Naga Dan Singa Dalam Mitologi Seni Budaya Tiongkok China, lihat juga gambar lukisan pemandangan sawah dan rumah terbaru admin