Sunday, March 11, 2018

inilah Makna Seni Foto Gambar Hitam Putih Jarang Diketahui Orang

inilah Makna Seni Foto Gambar Hitam Putih Jarang Diketahui Orang
Suka melihat gambar foto wallpaper warna Hitam-Putih? itu bisa Ungkapan yang sederhana, namun segera mengundang pemaknaan denotatif dan konotatif. Bermakna denotatif, karena ungkapan ini langsung dapat menunjukkan wujudnya, yang hitam dan yang putih. Bersanding, bersilangan, ataupun saling menindih, tanpa maksud sebagai perlambang. Misalnya, gambar hitam di atas bidang putih, atau sebaliknya gambar putih di atas bidang hitam.

Namun, seringkali muncul juga area abu-abu, akibat dari kualitas intensi pertemuan antara hitam dan putih yang tidak konstan. Instensi yang tidak konstan itu dapat berupa semakin tipisnya warna hitam, atau berkurangnya kepadatan/kepekatan warna hitam di atas bidang putih atau sebaliknya. Karena itu, meski hanya hitam-putih, seringkali mampu menampilkan gradasi, yang dapat menunjukkan volume, kepadatan, kualitas cahaya (gelap-terang), dan sebagainya. Karena itu pula, sebuah gambar hitam-putih sering lebih memiliki daya pikat yang kuat.

Sebaliknya, hitam putih menyimpan makna konotatif, karena ungkapan itu menjadi kiasan, perlambang atau metofora. Hitam-putih sebagai perlambang, misalnya untuk menggambarkan suatu lapisan perbedaan, atau untuk menunjukkan kontrasnya perbedaan, atau tentang keseimbangan yang saling melengkapi seperti dalam Yin-Yang. Hitam menjadi ungkapan kiasan (seperti ucapan: "jangan melihat persoalan secara hitam-putih"), dan menyimpan potensi makna yang filosofis.

Hitam dan putih menjadi menarik justru karena berbasis "warna" yang sederhana. Jika hitam-putih adalah ungkapan dalam gambar, maka ia akan mengundang kemungkinan pemaknaan yang kompleks. Artinya, ia, gambar dan sekaligus ungkapannya itu dapat berhenti sebagai cara/teknik, pendekatan, atau bahasa ungkap, atau menghadirkan diri sebagai metafor.

Kecenderungan hitam putih dalam seni supa Indonesia kini, muncul secara eksplosif sekitar lima tahun terakhir. Mula-mula, lebih didorong oleh usaha mencari alternatif penggunaan material, yang disebabkan oleh mahalnya harga-harga cat minyak, atau material lain yang sejenis, akibat dari krisis ekonomi. Karena itu, sebagian perupa mulai melirik alternatif media. Salah satu yang murah adalah media hitam putih, seperti pensil (termasuk carcoal, conte, arang, dan material sejenis), yang digunakan di atas kertas. Perkembangan selanjutnya, material-material murah itu juga digunakan di atas kanvas.

Pilihan atas material hitam putih itu justru menampakkan hasil yang mengejutkan. Di samping wataknya yang eksploratif, karya-karya mereka juga cenderung dimuati ide-ide yang pekat dan kontekstual. Seperti saling bertautan. Bersamaan dengan itu, situasi politik, ekonomi, dan sosial negeri ini carut-marut oleh berbagai ketegangan di sana-sini.

Seniman diharapkan secara frontal dengan realitas semacam itu, dan sebagian di antara mereka nyaris tak berdaya mengantisipasinya. Terdapat pertanyaan yang sangat mendasar sekaligus 'mengganggu' para seniman (perupa), yakni di tengah berbagai ketegangan itu, apakah seni masih ada gunanya?

Namun situasi itu segera dapat diatasi dengan cara merespon situasi menjadi subject matter karya-karya mereka. Salah satunya adalah, menemukan alternatif material yang secara kebetulan cocok untuk mewujudkan ide-ide mereka.

Beberapa contoh bisa disebut misalnya seperti karya-karya Agus Suwage, Agung Kurniawan, dan Hendro Suseno, yang muncul dengan daya tarik yang kuat. Mereka secara terampil memainkan media dan bahasa hitam-putih menjadi gambar yang memiliki metofora kuat. Karya-karya mereka berwatak konotatif sekaligus sugesti.

Sejak itu, seolah seperti terjadi ledakan bom gambar (drawing): muncul serentak, sejumlah seniman yang berkarya dengan material 'murah', hitam putih, dengan aneka rupa pendekatan dan teknik. Gambar, akhirnya tampil menjadi bagian perbincangan (wacana) dalam seni rupa Indonesia. Pun akhirnya, gambar memiliki derajat nilai yang sama dengan karya-karya lain yang menggunakan media konvensional.

demikianlah postingan inilah Makna Seni Foto Gambar Hitam Putih Jarang Diketahui Orang yaitu Antara Kenyataan Dan Kiasan, baca juga artike; terbaru admin seni mania yaitu La Rose: Perilaku Sosial Melalui Pemahaman Seni Budaya